Selasa, 21 September 2010

Kulit, Kacang, Kenangan dan Komunikasi

Dilupakan itu rasanya sakit, tapi berusaha mengingat itu juga sakit. Mungkin rasa penasarannya akan sama dengan perasaan penasaran ketika kita berusaha mengambil upil yang terasa mengganjal hidung namun ternyata kita tidak bisa menjangkaunya.

"Seperti kacang yang lupa pada kulitnya".

Kesan awal dari pribahasa ini rasa-rasanya berarti si kacang melupakan si kulit dan aku jadi kepikiran kalo aja si kulit bisa ngomong, mungkin si kulit bakalan mencak-mencak marah-marah ke si kacang, "Woi,,ko kamu lupa sama aku? Bukannya kita uda bareng-bareng dalam waktu lama?". Tapi kenapa ga begitu? Kenapa ga ada pribahasa:

"Seperti kulit yang marah pada kacang"?

Apa bener murni gara-gara si kulit ga bisa ngomong? Apa jangan-jangan bukan karena ga bisa ngomong, tetapi emang si kulit ga mau ngomong? Mungkin juga si kulit diem karena si kulit yang uda kenal sifat si kacang bisa memahami kenapa si kacang begitu. Mungkin juga si kulit udah maafin sikap si kacang yang ngelupain dia. Atau kalo berpikir jelek tentang kulit, mungkin si kulit malah seneng dilupain ama si kacang. Lebih jahatnya lagi, jangan-jangan si kulitlah yang ngebuat si kacang lupa sama dia.

Aku ga pernah tau apa alasan diemnya si kulit atas perilaku si kacang. Hmm, jangan-jangan, si kulit kena amnesia dan lupa juga ma si kacang? Makanya si kulit ga kerasa kalo dilupain ma si kacang.

Sekarang aku mulai berandai-andai yang lain lagi, andai aja si kulit memang dilupakan dan andai aja si kacang emang uda ketemu kulit lainnya. Apa lagi arti kenangan mereka kemarin? Apa yang bakal dilakuin si kulit selanjutnya? Apakah si kulit akan ikut-ikut melupakan si kacang? Atau kah si kulit akan tetap diam menunggu karena diam-diam dalam hati kecilnya, si kulit yakin kalo suatu saat nanti si kacang bakal inget dan kembali ke si kulit?

Apakah suatu hari nanti akan lahir pribahasa:

"Seperti kulit dan kacang yang bertemu lagi karena ada sumur di ladang"?

Intinya si, aku cuma terlintas untuk berpikir bahwa diam tidak selalu emas, diam bisa jadi adalah parang. Coba kalo si kulit yang diem itu ternyata salah paham sama si kacang, ternyata si kacang ngga pernah nglupain si kulit dan si kulit yang terlanjur emosi, marah-marah ma si kacang sambil bawa parang. Atau malahan,, ternyata selama ini si kacang merasa dicuekin ma si kulit dan diem-diem mendendam trus ngedatengin si kulit sambil bawa parang. Hoah!! Jadi serem malahan. Hehe..

Hmm,cerita si kacang dan si kulit malah jadi nglantur kemana-mana dan jadi ga nyambung sama arti pribahasanya ni.. Hehee.. Intinya si,,merasa dilupakan dan sakitnya susah mengingat sebaiknya dikomunikasikan. Siapa tau ada salah paham aja di salah satu pihak. Dari kisah si kulit dan si kacang ini aja sdah bisa dilihat bahwa diamnya si kulit maupun si kacang tanpa ada kejelasan berhasil ngebuat aku berandai-andai, mereka-reka banyak kemungkinan dan kesoktahuan mengenai hal yang telah terjadi di antara mereka. Apalagi di jaman di mana manusia bermanja-manja dan bergantung pada provider kartu telpon seluler, siapa tau si sms atau telpon yang ngga sampe itu, asik-asikan muter-muter melingker-lingker di atas pager dulu baru menuju handphone yang tepat, atau jangan-jangan si pesan komunikasi itu malah tersesat dan ga pernah sampe sehingga memunculkan perpecahan di antara penggunanya. Jangan sampe kenangan yang terjalin indah selama ini hilang membuat tidak lagi menjadi kenangan penting penghibur memori, hanya karena sebuah kesalahpahaman gara-gara tidak lancarnya komunikasi.

Nah, dari perandaian ini aku berharap, semoga si kulit dan si kacang yang berada di seluruh penjuru dunia -apapun bentuknya- bisa berkomunikasi dengan lancar.

Kenangan tidak dapat dibeli, kenangan memiliki harga mahal.

Kenangan akan hilang ketika tidak ada lagi yang mengingatnya.

Jangan sampai harta karun berharga bernama kenangan menghilang karena dilupakan akibat kesalahpahaman dalam komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar