Sabtu, 18 September 2010

Berjalan-jalan ke TK

Masih terekam jelas dalam ingatan ketika aku duduk di bangku TK pertamaku. Hari-hari yang sangat berkesan dari TK ABA WIROBRAJAN adalah ketika aku selalu datang terlambat di hari Sabtu karena sebelum pergi ke sekolah,aku dan keluargaku selalu berenang di kolam renang Umbang Tirto dari pkl. 06.00-09.00. Pelajaran yg sangat aku ingat di TK ini adalah ketika aku diminta memejamkan mata lalu di lidahku ditaruh berbagai zat dengan beraneka rasa, kami para siswa diminta menebak nama rasa tersebut.

Pada TK tingkat Nol Besar, aku dan keluarga pindah rumah ke daerah Wirosaban. Rumah yg sangat luas, mungkin terasa sangat luas karena waktu itu aku begitu kecil. Di rumah baru ini, aku mendapatkan kamar sendiri. Kamar yang saat itu terasa sangat besar -karena entah bagaimana, seiring berjalannya waktu, kamar ini mengalami penyusutan- yang berada di bagian barat dengan sebuah jendela menghadap utara, membuat kamar ini gelap sekaligus selalu sejuk. Di bulan Juli itu, aku berpindah sekolah ke TK ABA KARANGKAJEN. Ingatanku pada masa ini jauh lebih banyak dari pada ketika aku berada di kelas Nol Kecil. Aku masih ingat jelas pelajaran membuat mozaik dari kertas emas warna-warni yang dicocok menggunakan paku, permainan menggunakan lilin (wax), permainan puzzle, hingga pengalaman tak terlupakan sebagai murid baru, memperkenalkan diri di depan semua teman baru sendirian -waktu itu orang tuaku sudah sibuk bekerja, hari pertamaku sekolah di TK asing ini pun aku lalui sendirian- hampir pipis di celana rasanya -apa udah ya-. Di TK ini aku kenal piket bawa gelas ke tempat cucian, aku suka kegiatan ini, biasanya aku piket bareng Chandra -sahabat TKku yg langsung akrab sama aku, aku inget dia punya banyak gantungan kunci di tasnya, ngga tau lagi sekarang dia di mana, tapi aku harap dia baik2 aja- berebutan sama anak2 lain. Biasanya setelah makan snack itu, ada waktu untuk cuci tangan dan gosok gigi. Seru. Hhmm,dari kecil itu pun aku uda suka duduk di depan. Suka merhatiin guru dan bisa dibilang bukan anak yg ribut. Rambutku juga uda panjang dari kecil. Inget bgt dulu aku sering "dijambak" sama temen, namanya Mba Tazsha -entah gimana dia nulis namanya, dia dipanggil mba katena setau aku badannya lebih besar dari pada temen2-, pertama2 aku diem,tapi lama2 sakit. Aku disuruh ibuku ngadu ke guru. Bu guru cuma nasehatin Mba Tazsha seadanya -aku yg waktu itu ngrasa ga adil langsung mikir,pasti gara2 ibunya Mba Tazsha ini juga guru- sampe akhirnya ibu memutuskan untuk mengalah dan rambutku dipotong. Berebut ayunan, luncuran, sampai mainan yg panjat2an,,semua sudah aku rasakan. Dulu ni ya, tiap hari aku ganti gaya rambut, ibu selalu sedia stock karet jepang buat nguncir rambutku tiap pagi. Dari kecil ini juga aku selalu lebih milih sepatu kets daripada pantofel. Sepatu kets kesayanganku adalah sepatu kets yang bisa nyala kalo diinjek yang merknya PRO ATT. Aku juga selalu pake ransel, ga punya tas slempang. Ternyata hal-hal kaya gtu kebawa sampe sekarang -cuma sekarang uda rada ganjen dan uda kenal dunia kerja, jadi sekarang lagi seneng2nya pake hand bag dan heels-. Waktu kecil ini juga, aku selalu dijemput sekolah oleh "mbak"ku naik sepeda. Jadi, pagi pas mau sekolah aku dianter ibu, siangnya dijemput "mbak". Biasanya sambil nunggu jemputan, aku dan si tas ransel, botol minum dan sepatu kets nangkring dengan manis di atas besi panjat2an yg mgkn tingginya 3meter -suka banget duduk di situ, karena dari situ aku bisa ngliat banyak hal dari atas-. Di sepeda jemputan yg sekarang uda rusak diem tertidur di gudang, aku lihat banyak hal waktu pulang sekolah. Pernah suatu saat waktu bengong ngliatin lampu merah -mempertanyakan urutan nyala lampu-, kakiku ga sadar masuk ke jeruji sepeda. Pas itu aku ga pake sepatu,,jadinya lecet deh.. :p

Oya,satu2nya guru TK yg ngajar aku waktu aku belajar di TK ini adalah Bu Rudi, dengan murid2 yg masi aku inget: Luci, Chandra, Aan, Fian, Hanum, Tazsha, Dena, Tyas, Agung, Rosa, Nisa, Gissela, hmm.. Siapa lagi ya? ga terlalu inget juga karena aku murid baru dan ga sempat deket ma semua anak.

Dari kecil juga, aku paling suka pelajaran kesenian -walau aku ga berbakat- tapi seenggaknya pelajaran kesenian cocok sama aku karena pelajaran ini ga ngebosenin.

Oya,kalo ga salah inget,nama kepala sekolahku ini adalah Bu Suti, aku sendiri lumayan akrab dengan beliau, karena sebagai murid baru, beliaulah kenalan pertamaku di TK, dan ga jarang juga kalau aku lama belom dijemput, Bu Suti ngajak aku tunggu jemputan di ruangan beliau. Hmm,,apa kabar beliau ya? Berapa murid yang sudah berkenalan dengan keramahannya? Hebatnya kepala sekolahku.. Mungkin karena pengalaman TK yang menyenangkan ini, makanya uda dari kecil juga aku punya cita-cita jadi guru TK. Aku harap suatu saat akan terjadi.

Acara puncak di TK adalah hiruk pikuk persiapan pelepasan siswa. Semacam pesta kelulusan TK gitu lah. Aku inget banget, waktu acara itu aku pake baju muslim pasangan baju panjang, rompi, dan celana. Warnanya putih, ungu, di kain putihnya ada motif wajik dan bulet warna orange dan hijau. Rasanya bangga banget pegang sertifikat lulus TK dan surat rekomendasi ke SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II YOGYAKARTA.


...bersambung...

2 komentar:

  1. wa ni kog g da kisah kasih TK y? :D


    critana ni mo buat biografi y? sip dah :)

    BalasHapus
  2. hehehee..
    betul sekaliii... :D
    terima kasihh.. :D

    BalasHapus